PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN INTEGRASI QUANTUM LEARNING DAN KONSTRUKTIVISME SOSIAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI LANJI PATEBON KENDAL

Faizmailiatus Sofa, S.Pd., NIM.: 21204021021 (2023) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN INTEGRASI QUANTUM LEARNING DAN KONSTRUKTIVISME SOSIAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI LANJI PATEBON KENDAL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN INTEGRASI QUANTUM LEARNING DAN KONSTRUKTIVISME SOSIAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI LANJI PATEBON KENDAL)
21204021021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN INTEGRASI QUANTUM LEARNING DAN KONSTRUKTIVISME SOSIAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI LANJI PATEBON KENDAL)
21204021021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada keberhasilan atas tercapainya tujuan pembelajaran. Kesalahan dalam memilih metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menyebabkan demotivasi belajar dalam diri siswa. Hal tersebut juga terjadi di MI NU 12 Lanji. Rata-rata siswa mengalami demotivasi dalam belajar bahasa Arab dan banyak siswa yang tidak bersemangat dalam memperhatikan penjelasan materi selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pemilihan metode pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan perkembangan siswa. Maka dari itu, tujuan dari adanya kajian ilmiah ini adalah untuk 1) memahami tigkat motivasi belajar peserta didik kelas IV di MI NU 12 Lanji Patebon Kendal dalam mempelajari bahasa Arab, 2) mengembangkan metode integrasi quantum learning dan konstruktivisme sosial sebagai solusi atas demotivasi tersebut, serta 3) mengetahui bagaimana pengaruh metode tersebut dalam motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development) melalui model ADDIE dengan menganalisa kebutuhan, mendisain pembelajaran, mengembangkan produk, mengujicobakan produk dalam kelas, serta mengevaluasi pengembangan produk. Subjek penelitian pada penelitian ini berjumlah 20 orang dengan menggunakan angket sebagai penentu penilaian motivasi belajar peserta didik. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil dari kajian ilmiah ini menunjukkan bahwa 1) motivasi peserta didik awalnya berada pada nilai 45,43% dalam pembelajaran bahasa Arab, 2) integrasi quantum learning dan konstruktivisme sosial dipilih untuk menciptakan lingkungan sosial belajar yang interaktif, nyaman, dan menyenangkan, 3) pengembangan metode integrasi quantum learning dan konstruktivisme sosial dilakukan dengan menggunakan teknik KACA DEDUS (Kenalkan, Ajak, Contohkan, Atur, Diskusi, Evaluasi, Demonstrasi, Ulangi, Sanjung), 4) setelah metode tersebut dikembangkan dan diimplementasikan, terjadi peningkatan motivasi yang tadinya 45,43% menjadi 95,08% dalam belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, MSI.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Integrasi, Quantum Learning, Konstruktivisme Sosial, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 May 2023 12:36
Last Modified: 25 May 2023 12:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58857

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum