POLA PIKIR GURU KELAS DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA DISIPLIN DAN KOMITMEN KERJA PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Jumadil Akhir, NIM.: 21204081036 (2023) POLA PIKIR GURU KELAS DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA DISIPLIN DAN KOMITMEN KERJA PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA PIKIR GURU KELAS DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA DISIPLIN DAN KOMITMEN KERJA PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PASAMAN BARAT)
21204081036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POLA PIKIR GURU KELAS DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA DISIPLIN DAN KOMITMEN KERJA PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PASAMAN BARAT)
21204081036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana pandangan guru kelas dalam menumbuhkan budaya disiplin dan komitmen kerja pada Sekolah Dasar di kabupaten Pasaman Barat, kedua, memaparkan bagaimana keyakinan guru kelas dalam menumbuhkan budaya disiplin dan komitmen kerja pada Sekolah Dasar di kabupaten Pasaman Barat, ketiga, bagaimana nilai dasar guru kelas dalam menumbuhkan budaya disiplin dan komitmen kerja pada Sekolah Dasar di kabupaten Pasaman Barat, keempat, bagaimana budaya disiplin dan komitmen kerja guru kelas pada Sekolah Dasar di kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian kepala sekolah dan enam orang guru kelas Sekolah Dasar di kabupaten Pasaman Barat. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa : Pertama, guru kelas memiliki pandangan dalam menumbuhkan budaya disiplin dan komitmen kerja yaitu sangat penting untuk diterapkan, disiplin dan komitmen kerja kunci utama kesuksesan, displin sebagai sorotan utama bagi seorang guru sebagai parameter, hadir tepat waktu sebagai wujud pembiasaan disiplin dan tolong menolong sebgai wujud komitmen kerja yang tinggi. Kedua, guru kelas memiliki keyakinan dalam menumbuhkan budaya disiplin dan komitmen kerja yaitu memberikan keteladanan, peningkatan motivasi, penegakan aturan. Ketiga, guru kelas memiliki nilai dasar dalam menumbuhkan budaya disiplin dan komitmen kerja yaitu merumuskan kode etik guru dan mengevalusi kinerja guru. Keempat, budaya disiplin dan komitmen kerja guru kelas di Sekolah Dasar Pasaman Barat yaitu hadir di ruang kelas tepat watu, mematuhi peraturan sekolah, tanggung jawab mengerjakan tugas, kesamaan tujuan, tolong menolong dan mengutamakan kepentingan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S.Pd. I., M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: pola pikir; guru kelas; budaya disiplin; komitmen kerja; sekolah dasar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:40
Last Modified: 10 Jul 2023 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum