MOTIF DAN KEPUASAN PENGGUNA MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KONTEN PARENTING DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI TERHADAP FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @TUTURMAMA.ID)

Muhammad Misbah Khoironi, NIM.: 16210042 (2023) MOTIF DAN KEPUASAN PENGGUNA MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KONTEN PARENTING DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI TERHADAP FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @TUTURMAMA.ID). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIF DAN KEPUASAN PENGGUNA MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KONTEN PARENTING DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI TERHADAP FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @TUTURMAMA.ID))
16210042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MOTIF DAN KEPUASAN PENGGUNA MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KONTEN PARENTING DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI TERHADAP FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @TUTURMAMA.ID))
16210042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Setiap orang memiliki motivasi atau alasan yang berbeda-beda dalam melakukan sesuatu dan merasa puas dengan hal tersebut dengan tingkat yang berbeda pula. Motivasi tersebut muncul karena adanya kebutuhan-kebutuhan yang ingin dipenuhi. Begitu juga ketika menggunakan media untuk mengakses konten parenting di akun Instagram @tuturmama.id, audiens memiliki motivasi khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka dan mencapai kepuasan yang diharapkan melalui konten tersebut. Konten parenting menjadi salah satu topik yang hangat dibahas di media sosial karena banyak kesalahan atau kurang tepatnya cara orang tua mendidik anak, yang berdampak besar pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Akibatnya, konten-konten bertema parenting bermunculan untuk memberikan pemahaman yang ideal dan tenang dalam pola asuh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motif apa yang mendasari audiens mengakses konten parenting di akun Instagram @tuturmama.id, serta untuk mengetahui tingkat kepuasan yang diperoleh oleh penonton setelah mengakses konten tersebut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara motif dan kepuasan pengguna media Instagram terhadap konten parenting dari perspektif Islam. Penelitian ini mengadopsi teori Uses and Gratifications, yang menganggap bahwa individu memiliki tujuan tertentu ketika menggunakan media massa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode yang disebarkan secara acak kepada 100 responden dari 271.000 followers. Dengan teknik pengambilan data menggunakan probability sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus chi-square atau chi kuadrat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti Terdapat hubungan yang signifikan antara motif dan tingkat kepuasan followers akun media sosial Instagram @tuturmama.id dalam mendapatkan pemahaman konten parenting dari perspektif islam. Hal ini dibuktikan dengan nilai chi-square chi kuadrat yang didapat adalah 200.000 dengan dk-nya adalah 4, dengan tingkat probabilitasnya sebesar 0,05. Karena 200.000 lebih besar dari 9.488 dilihat dari dk-nya yaitu 4, maka hubungannya dinyatakan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Lutfi Habibi., M.A
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Kepuasan, Uses and Gratification, Konten Parenting, Pola Asuh Anak
Subjects: Media Sosial
Pola Asuh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:27
Last Modified: 06 Sep 2023 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum