MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS DALAM MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @RUANGNDERES

Farah Fadhilah Akalili, NIM.: 16210062 (2023) MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS DALAM MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @RUANGNDERES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS DALAM MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @RUANGNDERES)
16210062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS DALAM MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @RUANGNDERES)
16210062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial saat ini banyak dimanfaatkan oleh pada da’i dan aktivis dakwah sebagai sarana berdakwah. Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan isi konten yang dibagikan salah satunya berupa konten dakwah. Salah satu akun di Instagram yang membagikan konten dakwah adalah akun Instagram @ruangnderes yang akan menjadi objek kajian pada penelitian ini. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Uses and Gratifications. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan kepuasan followers dalam mengakses akun instagram @ruangnderes, mengetahui hubungan antara motif dan kepuasan followers dalam mengakses akun instagaram @ruangnderes, dan mengetahui tingkat kepuasan followers dalam mengakses akun instagaram @ruangnderes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial sebagai metode analisis datanya. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh melalui metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling menggunakan rumus Slovin. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mayoritas followers dalam mengakses akun instagram @ruangnderes memilih motif identitas peribadi sebagai kepuasan yang ingin dicapai dalam mengakses akun Instagram @ruangnderes dengan skor mean 436, sedangkan pada kepuasan yang diterima followers setelah mengakses akun Instagram @ruangnderes adalah kepuasan identitas pribadi dengan skor mean 417,33. Pada hubungan antara motif dan kepuasan followers dalam mengakses akun instagaram @ruangnderes memiliki hubungan yang sangat kuat dengan derajat hubungan sebesar 0,824 dan memiliki hubungan yang positif. Tingkat kepuasan followers dalam mengakses akun Instagram @ruangnderes sebesar 67,9% berasal dari motif mengakses akun Instagram @ruangnderes, sedangkan 32,1% kepuasan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mochammad Sinung Restendy, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: Use and Gratification, Instagram, @Ruangnderes.
Subjects: Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:32
Last Modified: 06 Sep 2023 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum