PROBLEMATIKA AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMP SULTAN AGUNG SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Ikhsan Rofiqi, NIM.: 17104010056 (2023) PROBLEMATIKA AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMP SULTAN AGUNG SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMP SULTAN AGUNG SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023)
17104010056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMP SULTAN AGUNG SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023)
17104010056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati posisi yang sangat penting baik sebagai individu maupun di dalam kehidupan masyarakat. Adanya wabah Covid-19 menyebabkan pembelajaran yang pada mulanya dilakukan tatap muka beralih secara daring, walaupun untuk saat ini pembelajaran mulai diberlakukan tatap muka kembali. SMP Sultan Agung Seyegan yang saat ini dalam masa transisi pasca pembelajaran daring didapati beberapa problem yang berkaitan dengan akhlak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran di SMP Sultan Agung Seyegan pasca pembelajaran daring terutama yang berkaitan dengan problematika akhlak peserta didik. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan 3 metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data penelitian menggunakan analisis data model Miles and Huberman dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sbagai alat uji keabsahan data. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Pembelajaran di SMP Sultan Agung Seyegan pada saat ini masuk masa transisi antara pembelajaran daring yang disebabkan adanya pandemi covid 19 dengan pembelajaran terbatas tatap muka pasca pembelajaran daring. Adanya pembelajaran daring yang dilaksanakan cukup lama tentunya berdampak pada peserta didik pasca pembelajaran daring, salah satunya yaitu problem yang berkaitan dengan akhak. (2) Problematika akhlak peserta didik yang muncul diantaranya kurangnya rasa sopan santun, kurangnya rasa menghargai kepada sesama teman, pemalas, bertengkar dengan teman sebaya, dan tidak hormat kepada guru. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi problematika akhlak peserta didik, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. (3) Solusi yang ditawarkan dalam mengatasi problematika akhlak diantaranya dengan guru memberikan pembekalan akhlak di setiap awal pembelajaran, sekolah membiasakan kebiasaan yang baik, seperti diadakan ṣolat ḍuha berjamaah, membaca asmaul husna di awal pembelajaran, dan sebagainya. selain itu peserta didik juga kembali di ingatkan terkait tata tertib yang ada di lingkungan sekolah, diberikan contoh bagaimana berinteraksi dengan guru dan sesama teman atau bila perlu diberikan hukuman fisik seperti membersihkan lingkungan sekolah apabila sampai berkelahi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M. A.
Uncontrolled Keywords: akhlak; peserta didik; pasca pembelajaran daring
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Oct 2023 08:45
Last Modified: 05 Oct 2023 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum