FENOMENA BANDWAGON EFFECT MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN DAMPAKNYA PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 12 JAKARTA (STUDI KONTEN PAI KELAS 12 TAHUN AJARAN 2022/2023)

Pajrul Ilmi, NIM.: 19104010076 (2023) FENOMENA BANDWAGON EFFECT MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN DAMPAKNYA PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 12 JAKARTA (STUDI KONTEN PAI KELAS 12 TAHUN AJARAN 2022/2023). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FENOMENA BANDWAGON EFFECT MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN DAMPAKNYA PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 12 JAKARTA (STUDI KONTEN PAI KELAS 12 TAHUN AJARAN 2022/2023))
19104010076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FENOMENA BANDWAGON EFFECT MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN DAMPAKNYA PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 12 JAKARTA (STUDI KONTEN PAI KELAS 12 TAHUN AJARAN 2022/2023))
19104010076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena bandwagon effect merupakan suatu fenomena sosial di mana individu cenderung mengikuti sesuatu yang dianggap populer dan banyak dilakukan orang lain. Dalam konteks pendidikan, fenomena ini mempengaruhi siswa melalui media sosial TikTok yang populer di kalangan siswa, termasuk siswa MAN 12 Jakarta. Terdapat berbagai faktor yang melatarbekangi siswa terkena fenomena bandwagon effect pada konten PAI melalui media sosial TikTok. Serta beragam konten PAI yang menimbulkan bandwagon effect di TikTok dan dampak yang diberikan dari konten PAI terhadap siswa. Tujuan Penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan konten materi PAI kelas 12 yang menimbulkan fenomena bandwagon effect pada media sosial TikTok 2) menganalisis dampak media sosial TikTok konten materi PAI kelas 12 yang menimbulkan fenomena bandwagon effect terhadap siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di MAN 12 Jakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas 12 dan guru PAI MAN 12 Jakarta. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) konten PAI yang menimbulkan fenomena bandwagon effect di media sosial TikTok pada siswa MAN 12 Jakarta adalah konten PAI praktik akad nikah di sekolah. Proses fenomena bandwagon effect dipengaruhi oleh orang, tertarik dengan konten PAI yang ditiru karena ingin serupa, adanya like, view dan konten yang serupa. 2) dampak media sosial TikTok konten materi PAI kelas 12 yang menimbulkan fenomena bandwagon effect pada siswa MAN 12 Jakarta berdampak positif bagi siswa seperti lebih paham materi akad nikah, menjadi pribadi yang lebih sabar, teliti, peka terhadap sekitar, dan memiliki motivasi untuk membuat konten PAI yang serupa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Bandwagon Effect, TikTok, Konten Media Sosia
Subjects: Media Sosial
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 11:47
Last Modified: 11 Oct 2023 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61131

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum