INTERVENSI PEKERJA SOSIAL DALAM MEWUJUDKAN KESEHATAN MENTAL DI PUSAT PELAYANAN SOSIAL KARYA WANITA (PPSKW) MATTIRO DECENG SULAWESI SELATAN

Muh. Azhar Mubarak, NIM.: 20200012097 (2023) INTERVENSI PEKERJA SOSIAL DALAM MEWUJUDKAN KESEHATAN MENTAL DI PUSAT PELAYANAN SOSIAL KARYA WANITA (PPSKW) MATTIRO DECENG SULAWESI SELATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI PEKERJA SOSIAL DALAM MEWUJUDKAN KESEHATAN MENTAL DI PUSAT PELAYANAN SOSIAL KARYA WANITA (PPSKW) MATTIRO DECENG SULAWESI SELATAN)
20200012097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI PEKERJA SOSIAL DALAM MEWUJUDKAN KESEHATAN MENTAL DI PUSAT PELAYANAN SOSIAL KARYA WANITA (PPSKW) MATTIRO DECENG SULAWESI SELATAN)
20200012097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kesehatan mental menjadi dambaan setiap orang, berbagai cara dilakukan untuk memperoleh mental yang sehat. Kesehatan mental juga berlaku terhadap peksos, agar mampu berkontribusi dalam layanan dan pembinaan untuk mengembalikan nilai-nilai sosial, pemerlu layanan sosial. Sebagaimana peksos di PPSKW Mattiro Deceng, memiliki dilema dalam mewujudkan kesehatan mental, sehingga dibutuhkan kepribadian peksos untuk mewujudkan kesehatan mental yang baik. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian yang dilakukan oleh penulis memiliki sumber data primer diantaranya peksos berjumlah tujuh orang, dan penerima manfaat berjumlah enam orang, adapun data sekunder diperoleh melalui jurnal, buku, serta dokumen pendukung lainnya. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun validitas data dilakukan oleh penulis melalui member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat problem peksos dalam mewujudkan kesehatan mental, problem disebabkan oleh internal dan eksternal kepribadian peksos, problem juga ditemukan pada aspek penerima manfaat sehingga mempengaruhi mental peksos. Kemudian peksos menerapkan upaya untuk meminimalisasi problem yang ditemukan melalui pengendalian kepribadian, teknik self healing, dan penerapan nilai-nilai keagamaan. Peksos kemudian mampu mewujudkan kesehatan mental, dengan terpenuhinya kebutuhan physiological needs, sefty needs, blogging needs dan love needs, esteem needs, dan self actualization needs.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Casmini, S. Ag., M. Si
Uncontrolled Keywords: Peksos, Kepribadian, Mental, Healing, Agama
Subjects: Pekerjaan Sosial
Gender
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2023 13:37
Last Modified: 18 Oct 2023 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61400

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum