PENGARUH TINGKAT INTELIGENSI DAN LINGKUNGAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATlKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004/2005

NURMIANSYAH, NIM. 99434562 (2005) PENGARUH TINGKAT INTELIGENSI DAN LINGKUNGAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATlKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TINGKAT INTELIGENSI DAN LINGKUNGAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATlKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004/2005)
99434562_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TINGKAT INTELIGENSI DAN LINGKUNGAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATlKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2004/2005)
99434562_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat inteligensi dan lingkungan siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 220 siswa. Sampel dalam penelitian ini beranggotakan 105 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tes, metode angket atau kuesioner dan metode dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 instrumen, yaitu: instrumen tes untuk mengukur prestasi belajar matematika dengan butir sahih sebanyak 38 butir dengan koefisien reliabilitas 0,935, instrumen angket lingkungan siswa untuk mengetahui bagaimana lingkungan siswa dengan butir sahih sebanyak 30 butir dengan koefisien reliabilitas 0,897, dan instrumen pedoman dokumentasi untuk mengetahui tingkat inteligensi siswa yang dilihat di bagian bimbingan konseling (BK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adanya pengaruh tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi r.x 1 y = 0,392 dan persamaan regresi yang diperoleh r = o,420 x 1 _ 29 ,124 dengan koefisien determinasi sebesar 0,154. (2) Adanya pengaruh lingkungan siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar r.x 2 y = 0,283 dan persamaan regresi yang diperoleh y = o,230 x 2 1,313 dengan koefisien determinasi 0,080. (3) Adanya pengaruh tingkat inteligensi dan lingkungan siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan persamaan regresi yang diperoleh y = o 431 x + o 241 x - 52 068 dengan koefisien korelasi sebesar R.x Y = 0,491 dan ' l ' 1 ' 12 koefisien detenninasi sebesar 0,241. Tingkat inteligensi memberikan sumbangan efektif sebesar 15,735 % dan sumbangan relatif sebesar 65,248 %, lingkungan siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 8,381 % dan sumbangan relatif sebesar 34,752 %. Kata Kunci : Inteligensi, lingkungan, dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs.H. Sedya Santosa,SS.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Inteligensi, lingkungan, dan prestasi belajar matematika.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2023 09:47
Last Modified: 03 Nov 2023 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61650

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum