AL SULUK AL JINSIYYI FI AL RIWAYAH IMARAT YA'QUBIYAN LI 'ALA AL ASWANI (DIRASAH TAHLILIYYAH FI SAHAT AL INTAJ AL THAQAFI PIERRE BOURDIEU)

Jusril Indra Mudzakir, NIM.: 18101010025 (2022) AL SULUK AL JINSIYYI FI AL RIWAYAH IMARAT YA'QUBIYAN LI 'ALA AL ASWANI (DIRASAH TAHLILIYYAH FI SAHAT AL INTAJ AL THAQAFI PIERRE BOURDIEU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL SULUK AL JINSIYYI FI AL RIWAYAH IMARAT YA'QUBIYAN LI 'ALA AL ASWANI (DIRASAH TAHLILIYYAH FI SAHAT AL INTAJ AL THAQAFI PIERRE BOURDIEU))
18101010025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL SULUK AL JINSIYYI FI AL RIWAYAH IMARAT YA'QUBIYAN LI 'ALA AL ASWANI (DIRASAH TAHLILIYYAH FI SAHAT AL INTAJ AL THAQAFI PIERRE BOURDIEU))
18101010025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengangkat dan menelaah apa yang melatar belakangi lahirnya Perilaku Seksual pada novel 'Imārat Ya'qūbiyān karya Alā al-Aswāni. Sebuah novel yang di dalamnya menggambarkan pertarungan berbagai aktor untuk mendapatkan kehidupan yang layak dengan berbagai pengorbanan, pengorbanan merupakan sebuah langkah yang mau tidak mau diambil sebagai jalan pintas untuk cepat mendapatkan alat pemenuhan kebutuhan. Pengorbanan ini adalah menjalin hubungan dengan aktor yang memiliki modal dengan melakukan prilaku seksual. Perilaku seksual yang ada dalam novel 'Imārat Ya'qūbiyān merupakan kritik dari Pengarang yang menggambarkan keadaan sosial, ekonomi, politik dan budaya yang kacau. Melihat adanya dinamika pola kehidupan dalam novel 'Imārat Ya'qūbiyān, peneliti akan membukanya dengan menguraikan masalah ini dengan mengaplikasikan Teori Arena Produksi Kultural Pierre Bourdieu dengan berbagai komponen analisis seperti, Praktik, Habitus, Arena, Modal, Agen, Kelas. Supaya perilaku seksual yang dilakukan tokoh-tokoh dalam novel 'Imārat Ya'qūbiyān dapat diketahui latarbelakangnya. Penelitian yang dikategorikan sebagai penelitian kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif analisis dan data yang bersumber dari novel 'Imārat Ya'qūbiyān. Seksualitas, dalam prespektif sosial merupakan satu bentuk tindakan yang tabu dan harus dibuka untuk mengetahui apa yang melatarbelakanginya, khususnya dalam konteks sastra. Di dalam novel Al-'Imārat Ya'qūbiyān, dalam konteks Mesir, tokoh-tokohnya melakukan perilaku seksual dengan berbagai pengaruh mencakup ekonomi, politik, sosial, budaya. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa atmosfer revolusi Mesir pada tahun 1952 memberi dampak pada agen-agen dalam Novel 'Imārat Ya'qūbiyān. Chaos menjadi sebuah gambaran yang terjadi pada waktu itu. Perubahan ekonomi, politik, sosial, budaya terjadi secara bersamaan dan berdampak pada agen-agen seperti Busainah, Rabab, Abduh. Sedangkan agen-agen yang memiliki modal seperti Zaki Bey, Hatim, Tuan Tallal, Haji Azzam, tidak terlalu terdampak. Agen-agen yang tidak memiliki modal akan tereliminasi dari arena dan ekonomi menjadi pengaruh yang mendasari lahirnya Perilaku Seksual. Perilaku seksual didasari karena keinginan menaikan kelas sosial, perjuangan untuk menaikan kelas sosial membutuhkan modal dan strategi, yaitu dengan melakukan perilaku sesual sebagai jalan keluar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh Kanif Anwari,M. Ag
Uncontrolled Keywords: Perilaku Seksual, Al- 'Imarat Ya'qubiyan, Arena Produksi Kultural
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2024 13:27
Last Modified: 03 Jan 2024 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62644

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum