IMPLEMENTASI PRINSIP ACTION AND EXPRESSION DARI UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Fradhika Maulidina, NIM.: 20104060017 (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP ACTION AND EXPRESSION DARI UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) DALAM PEMBELAJARAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PRINSIP ACTION AND EXPRESSION DARI UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) DALAM PEMBELAJARAN KIMIA)
20104060017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PRINSIP ACTION AND EXPRESSION DARI UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) DALAM PEMBELAJARAN KIMIA)
20104060017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Menerapkan pendidikan inklusif dalam lingkungan pembelajaran kimia masih merupakan tantangan bagi guru dan siswa. Meningkatnya jumlah siswa penyandang disabilitas yang belajar kimia menuntut guru untuk membuat dan mengembangkan strategi adaptif bagi siswa tersebut. Salah satu framework yang menawarkan strategi pembelajaran adaptif bagi siswa penyandang disabilitas adalah Universal Design for Learning (UDL). Kerangka kerja ini memiliki tiga prinsip utama, yaitu berbagai cara: keterlibatan, representasi, dan tindakan & ekspresi. Prinsip terakhir memberikan pedoman bagi guru untuk memberikan berbagai pilihan strategi kepada siswa dalam mengungkapkan pengetahuan dan pemahaman yang diperolehnya melalui kegiatan pembelajaran. Cara guru kimia menerapkan prinsip aksi & ekspresi UDL di tiga sekolah yang diidentifikasi mendukung siswa penyandang disabilitas (Arjuna, Bima, dan Sadewa) di Daerah Istimewa Yogyakarta perlu diselidiki. Lensa deskriptif kualitatif digunakan, dan wawancara semi-terstruktur dilakukan dengan tiga guru kimia yang bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deduktif yang melibatkan tema-tema yang telah terbentuk sebelumnya berdasarkan prinsip tindakan dan ekspresi UDL. Secara keseluruhan, tiga guru kimia peserta menegaskan bahwa mereka menerapkan prinsip aksi dan ekspresi UDL dengan berbagai cara. Peserta guru bervariasi dalam metode merespons dan bernavigasi; menyediakan media alternatif seperti CD-ROM, laboratorium virtual, dan buku audio; memanfaatkan Learning Management System dan WhatsApp Group untuk meningkatkan komunikasi; dan menerapkan penilaian alternatif untuk mengakomodasi keberagaman siswa dalam menunjukkan pengetahuannya. Namun masih sedikit media pembelajaran yang ditawarkan untuk mengajak siswa difabel berpartisipasi aktif dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pendidikan inklusif; UDL; pembelajaran kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Feb 2024 09:50
Last Modified: 23 Feb 2024 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63973

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum