PEMBUATAN KERTAS INDIKATOR ALAMI DARI BUNGA KENCANA UNGU SEBAGAI PENGGANTI INDIKATOR SINTESIS PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA

Hafida Puspita Muharromah, NIM.: 20104060044 (2023) PEMBUATAN KERTAS INDIKATOR ALAMI DARI BUNGA KENCANA UNGU SEBAGAI PENGGANTI INDIKATOR SINTESIS PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBUATAN KERTAS INDIKATOR ALAMI DARI BUNGA KENCANA UNGU SEBAGAI PENGGANTI INDIKATOR SINTESIS PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA)
20104060044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBUATAN KERTAS INDIKATOR ALAMI DARI BUNGA KENCANA UNGU SEBAGAI PENGGANTI INDIKATOR SINTESIS PADA PEMBELAJARAN ASAM BASA)
20104060044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Eksperimen merupakan bagian penting dari kimia. Indikator sintesis umumnya digunakan dalam praktikum asam basa. Penggunaan indikator sintesis dapat menyebabkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan dan memiliki harga yang relatif mahal. Bunga kencana ungu merupakan salah satu tumbuhan yang mengandung senyawa antosianin tinggi yang berpotensi sebagai alternatif dalam pembuatan indikator asam basa alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum dan capaian pembelajaran materi asam basa, potensi kertas bunga kencana ungu sebagai pengganti indikator sintesis dan kelayakan kertas sebagai desain eksperimen kimia di SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang meliputi studi literatur, wawancara, observasi, dan eksperimen. Indikator bunga kencana ungu dihasilkan dari ekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kertas dari ekstrak bunga kencana ungu dapat digunakan sebagai indikator asam basa alami dengan menghasilkan perubahan warna merah muda pada asam dan warna hijau pada basa. Berdasarkan hasil analisis kertas indikator alami bunga kencana ungu dapat digunakan sebagai indikator alternatif dalam desain praktikum di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: praktikum sederhana; Asam Basa; indikator sintesis; ekstraksi bahan alam
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Feb 2024 14:07
Last Modified: 23 Feb 2024 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63981

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum