PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, TINGKAT INFLASI, DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH PERIODE TAHUN 2006-2009

Ahmad Hazas Syarif, NIM.: 06390060 (2010) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, TINGKAT INFLASI, DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH PERIODE TAHUN 2006-2009. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, TINGKAT INFLASI, DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH PERIODE TAHUN 2006-2009)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, TINGKAT INFLASI, DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH PERIODE TAHUN 2006-2009)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas pasar modal tidak dapat dipisahkan dari kondisi mikro maupun makroekonomi. Kondisi tersebut sering kali menyebabkan sentimen pasar dan gejolak pada pasar modal, khususnya terhadap perubahan harga-harga saham. Oleh karena itu, dari segi mikro tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap perubahan harga saham pada sektor manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syari’ah, sedangkan dari segi makro dilihat dari pengaruh tingkat inflasi dan tingkat suku bunga, dengan tujuan untuk menjelaskan variabel mikro dan makroekonomi yang mempunyai pengaruh, baik secara simultan maupun parsial dan bagaimana pengaruhnya terhadap perubahan harga saham pada sektor manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syari’ah pada periode penelitian yaitu tahun 2006 sampai dengan 2009. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga. Sedangkan variabel dependennya adalah perubahan harga saham pada sektor manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syari’ah. Untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio profitabilitas (ROE), Leverage (DER), inflasi, dan suku bunga mempunyai pengaruh terhadap perubahan harga saham. Namun secara parsial yang berpengaruh terhadap perubahan harga saham yaitu ROE dan suku bunga. Sedangkan inflasi berpengaruh negatif, serta DER tidak mempunyai pengaruh terhadap perubahan harga saham. Secara simultan keempat variabel tersebut yaitu Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), inflasi, dan suku bunga dapat berpengaruh terhadap perubahan harga saham, dengan konstribusi sebesar 24,6%. Dan secara parsial menyimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perubahan harga saham adalah ROE dan suku bunga. ROE dengan sig. t sebesar 0.020 < 0.05. dan suku bunga dengan sig. t sebesar 0.000 < 0.05, Sedangkan DER tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan harga saham dengan sig. t sebesar 0.369 > 0.05, serta inflasi berpengaruh negatif signifikan terhadap perubahan harga saham dengan sig. t sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil uji determinasi besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0.212, hal ini berarti 21.2% variasi perubahan harga saham dapat dijelaskan oleh variasi dari empat variabel yang berpengaruh terhadap perubahan harga saham. Sedangkan sisanya (100% - 21.2% = 78.7%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Joko Setyono, SE., M. Si. dan M. Kurnia Rahman Abadi, SE., MM
Uncontrolled Keywords: Perubahan Harga Saham, Profitabilitas (ROE), Leverage (DER), Inflasi, Suku Bunga
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Feb 2024 15:18
Last Modified: 26 Feb 2024 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum