KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP OPAC SEBAGAI SARANA PENCARIAN INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN PEVITA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTA

Marharban Romadhona, NIM.: 18101040042 (2022) KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP OPAC SEBAGAI SARANA PENCARIAN INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN PEVITA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP OPAC SEBAGAI SARANA PENCARIAN INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN PEVITA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTA)
18101040042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP OPAC SEBAGAI SARANA PENCARIAN INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN PEVITA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTA)
18101040042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap OPAC sebagai sarana pencarian informasi pada Perpustakaan Pevita di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Yogyakarta berdasarkan komponen EUCS (End-User Computing Satisfaction) dengan mengukur sistem dari lima indikator yaitu isi (content), akurasi (accuracy), kemudahan pengguna (ease of use), ketepatan waktu (timeliness), dan bentuk (fromat). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pemustaka atau anggota Perpustakaan Pevita dan objek penelitian ini adalah kepuasan pemustaka terhadap OPAC sebagai sarana pencarian informasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 66.031 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel sebesar 100 orang yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengukuran data menggunakan skala Likert dengan empat pilihan jawaban yaitu sangat tidak setuju, tidak setuju, setuju, dan sangat setuju. Analisis data yang digunakan yaitu uji persentase dengan alat bantu aplikasi IBM SPSS 25. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap indikator isi (content) dikategorikan sangat baik dengan skor sebesar 81,5%, indikator akurasi (accuracy) dikategorikan sangat baik dengan skor sebesar 80%, indikator kemudahan pengguna (ease of use) dikategorikan sangat baik dengan skor 84%, indikator ketepatan waktu (timeliness) dikategorikan sangat baik dengan skor 82,87%, dan indikator bentuk (format) dikategorikan sangat baik dengan skor sebesar 79,06%. Perhitungan terhadap lima indikator tersebut mendapatkan skor rata-rata sebesar 81,48%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap OPAC sebagai sarana pencarian informasi pada Perpustakaan Pevita di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta secara keseluruhan dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEmbimbing: Iryanto Chandra, M.Eng.
Uncontrolled Keywords: user satisfaction; OPAC; EUCS; temu kembali informasi
Subjects: Informasi
Perpustakaan > Perpustakaan Daerah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Mar 2024 09:48
Last Modified: 04 Mar 2024 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum