PENGELOLAAN KOLEKSI DIGITAL BERBASIS MATA KULIAH DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

Abdul Wahid Aziz, NIM.: 07130036 (2010) PENGELOLAAN KOLEKSI DIGITAL BERBASIS MATA KULIAH DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN KOLEKSI DIGITAL BERBASIS MATA KULIAH DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN KOLEKSI DIGITAL BERBASIS MATA KULIAH DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Koleksi digital merupakan salah satu bentuk upaya perpustakaan untuk meningkatkan layananya, dalam menyediakan akses informasi atau mempertemukan informasi dengan user tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu, perpustakaan fakultas ISIPOL UGM mengelola koleksi digital yang di khususkan pada referensi perkuliahan atau bahan bacaan kuliah, diantaranya bertujuan untuk memaksimalkan layananya “tidak membatasi hak akses user terhadap koleksi” dan meminimalisir kurangnya koleksi-koleksi yang dijadikan sebagai referensi perkuliahan. Dalam pengelolaan koleksi digital ini terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk sampai proses pelayanan atau dapat ditemu kembali. Pertama, pengadaan. Pengadaan merupakan proses dimana koleksi ini diperoleh. Kedua, pengolahan. Pengolahan merupakan proses mengolah koleksi mulai dari proses penentuan subjek, keyword, kepengaraan, kolasi, impresum dan lain-lain. Ketiga, upload. Upload adalah kegiatan memasukkan/input data yang sudah melewati proses pengolahan ke sistem perpustakaan digital. Koleksi digital berbasis mata kuliah adalah jenis literature atau referensi yang digunakan sebagai materi perkuliahan dan disajikan dalam bentuk digital. Koleksi seperti ini sangat membantu dalam hal ketersediaan referensi yang ada di perpustakaan. Karena, dengan hal ini kekurangan akan buku-buku teksbook dapat diminimalisir serta jenis keberadaanya pun lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information: Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Digital, Koleksi Digital, Bahan Bacaan Kuliah
Subjects: Koleksi Digital - Pemanfaatan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2024 10:46
Last Modified: 07 Mar 2024 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64312

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum