PENGARUH JUMLAH WISATAWAN, JUMLAH TENAGA KERJA, JUMLAH HOTEL TERHADAP PENDAPATAN SEKTOR PARIWISATA (STUDI KASUS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Adimas Sidiq Nurfahmi Andriansyah, NIM.: 19108010099 (2024) PENGARUH JUMLAH WISATAWAN, JUMLAH TENAGA KERJA, JUMLAH HOTEL TERHADAP PENDAPATAN SEKTOR PARIWISATA (STUDI KASUS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH JUMLAH WISATAWAN, JUMLAH TENAGA KERJA, JUMLAH HOTEL TERHADAP PENDAPATAN SEKTOR PARIWISATA (STUDI KASUS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
19108010099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH JUMLAH WISATAWAN, JUMLAH TENAGA KERJA, JUMLAH HOTEL TERHADAP PENDAPATAN SEKTOR PARIWISATA (STUDI KASUS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
19108010099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata merupakan sektor bisnis berbasis jasa yang berpotensi dalam pengembangan perekonomian nasional. Sektor ini merupakan industri yang bergerak cepat karena memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah wisatawan, jumlah tenaga kerja, jumlah hotel terhadap pendapatan sektor pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik, Dinas Pariwisata Yogyakarta, dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel 5 kabupaten di DIY (cross section) dan 5 tahun dari tahun 2017-2021 (time series). Hasil regresi yang tepat pada penelitian ini adalah fixed effect model dengan menggunakan aplikasi E-views. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel jumlah wisatawan memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap pendapatan sektor pariwisata. Variabel jumlah tenaga kerja metidak mempunyai pengaruh terhadap pendapatan sektor pariwisata. Jumlah hotel tidak memberikan pengaruh atau dampak yang signifikan terhadap pendapatan sektor pariwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Slamet Khilmi, M.Si
Uncontrolled Keywords: number of tourists; number of workers; number of hotels; tourism sector revenue
Subjects: Ekonomi Syariah
Pariwisata
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Mar 2024 14:28
Last Modified: 14 Mar 2024 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64364

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum