PENGEMBANGAN EBOOK “SYAIR-SYAIR ARAB MODERN” DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILLS BAHASA ARAB SANTRI KELAS X PONDOK PESANTREN DAARUNNAJAH MAN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Luthfika Rahmawati Rahmanto, NIM : 17104020025 (2024) PENGEMBANGAN EBOOK “SYAIR-SYAIR ARAB MODERN” DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILLS BAHASA ARAB SANTRI KELAS X PONDOK PESANTREN DAARUNNAJAH MAN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN EBOOK “SYAIR-SYAIR ARAB MODERN” DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILLS BAHASA ARAB SANTRI KELAS X PONDOK PESANTREN DAARUNNAJAH MAN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024)
17104020025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN EBOOK “SYAIR-SYAIR ARAB MODERN” DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILLS BAHASA ARAB SANTRI KELAS X PONDOK PESANTREN DAARUNNAJAH MAN 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024)
17104020025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan soft skills dalam kemahiran berbahasa Arab setelah diimplementasikannya produk e-book syair-syair Arab modern pada siswa kelas X Pondok Pesantren Daarunnajah MAN 1 Magelang tahun ajaran 2023/2024. Soft skills yang ditekankan peneliti yakni agar siswa semakin percaya diri untuk menunjukkan kemahiran bahasa Arab. Terlihat dari hasil observasi pada sasaran penelitian dengan tugas untuk memperkenalkan diri menggunakan bahasa Arab, para siswa masih kurang percaya diri dan terampil untuk unjuk diri dengan soft skill bahasa Arabnya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, meliputi: (1) Analyst (analisis), (2) Design (Desain), (3) Developt (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluate (Evaluasi). Subyek pada penelitian ini memakai teknik random sampling dengan 14 siswa aliyah yang mukim di pondok pesantren Daarunnajah MAN Magelang dan berpartisipasi pada penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kelayakan e-book meliputi lembar penilaian ahli media, ahli materi dan pengasuh pondok. Adapun untuk hasil peningkatan soft skill bahasa Arab diukur dengan melihat perbandingan nilai akhir keseluruhan siswa pada uji pre-test dan post-test. Pada pre-test memperoleh nilai persentase sebesar 66,42%. Sedangkan pada post-test memperoleh nilai persentase sebesar 72,29%. Perbandingan nilai persentase pada kedua uji tes tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan soft skill bahasa Arab pada santri kelas X Aliyah yang bermukim di Pondok Pesantren Daarunnajah MAN Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: e-Book; Syair Arab Modern; soft skill Bahasa Arab; puisi Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Kesusastraan Arab > Puisi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Mar 2024 13:36
Last Modified: 27 Mar 2024 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64557

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum