PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN

Nur Laela Istiqomah, NIM.: 20104080049 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN)
20104080049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN BUDAYA MENGGUNAKAN MEDIA (PAPAN KANTONG PINTAR) PAKAPIN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV FAKHRUDDIN AR-RAZI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN)
20104080049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya pemahaman peserta didik mengidentifikasi keberagaman budaya ini menjadi akar permasalahan dari penelitian ini. Pentingnya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dalam keberagaman budaya ini bagi peserta didik agar dapat menghargai dan turut menjaga keberagaman budaya suku bangsa yang ada di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan penggunaan media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) pada peserta didik kelas IV Fakhruddin Ar-Razi SD Muhammadiyah Demangan materi keberagaman budaya suku bangsa Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) ini dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas IV Fakhruddin Ar-Razi dalam mengidentifikasi keberagaman budaya suku bangsa Indonesia. Penelitian ini termasuk pada penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dua kali pertemuan setiap siklusnya. Pengambilan dan pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes tertulis. Adapun urutan tahap pelaksanaan penelitian ini ialah, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pedoman onservasi keterlaksanaan modul ajar, pedoman wawancara guru, serta ter tertulis. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan penggunaan media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, tidak membuat peserta didik bosan, memberikan kesan menarik pada peserta didik, sehingga peserta didik antusias mengikuti pembelajaran. Peningkatan kemampaun peserta didik dalam mengidentifikasi keberagaman budaya suku bangsa Indonesia dilihat dari hasil pretest mendapatkan persentase sebesar 34%, dan masih dalam kategori kurang baik. Penilaian tes peserta didik pada posttest 1 mendapatkan persentase sebesar 63% masuk dalam kategori baik. Penilaian tes peserta didik pada posttest 2 mendapatkan persentase sebesar 86% masuk dalam kategori sangat baik. Dengan peningkatan antara pretest - posttest 1 peserta didik mendapatkan peningkatan sebesar 29% yang masih dalam kategori kurang baik, Maka dengan hasil skor tersebut, peneliti merancang untuk melaksanakan siklus II, yang mengalami peningkatan antara pretest - posttest 2 peserta didik ini mendapatkan peningkatan sebesar 52% dalam kategori baik. Proses pembelajaran juga semakin baik, yang artinya guru sudah melaksanakan kegiatan serta sesuai dengan tujuan pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keberagaman Budaya, Kemampuan Mengidentifikasi, Papan Kantong Pintar (PAKAPIN).
Subjects: Pancasila
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 09:50
Last Modified: 23 Apr 2024 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64925

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum