EFIKASI POLITIK DAN NILAI-NILAI PRIBADI SEBAGAI PREDIKTOR PARTISIPASI POLITIK DI MEDIA SOSIAL PADA GENERASI Z DALAM PEMILU-PILKADA SERENTAK INDONESIA TAHUN 2024

Aji Wibowo Pamungkas, NIM.: 19107010107 (2024) EFIKASI POLITIK DAN NILAI-NILAI PRIBADI SEBAGAI PREDIKTOR PARTISIPASI POLITIK DI MEDIA SOSIAL PADA GENERASI Z DALAM PEMILU-PILKADA SERENTAK INDONESIA TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFIKASI POLITIK DAN NILAI-NILAI PRIBADI SEBAGAI PREDIKTOR PARTISIPASI POLITIK DI MEDIA SOSIAL PADA GENERASI Z DALAM PEMILU-PILKADA SERENTAK INDONESIA TAHUN 2024)
19107010107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFIKASI POLITIK DAN NILAI-NILAI PRIBADI SEBAGAI PREDIKTOR PARTISIPASI POLITIK DI MEDIA SOSIAL PADA GENERASI Z DALAM PEMILU-PILKADA SERENTAK INDONESIA TAHUN 2024)
19107010107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tahun 2024 ditandai dengan dinamika politik intens di Indonesia melalui Pemilu Presiden dan Pilkada Serentak. Fenomena partisipasi politik di media sosial menjadi ciri khas generasi Z, yang sangat terhubung dengan teknologi. Penelitian ini mengeksplorasi hubungan efikasi politik dan perbedaan nilai-nilai pribadi sebagai prediktor partisipasi politik di media sosial pada generasi Z. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan komparasional, penelitian ini melibatkan 533 responden generasi Z di Pulau Jawa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi politik yang dikonstruksi sendiri oleh peneliti, personal values questionnaire (PVQ) berbahasa Indonesia, dan skala partisipasi politik di media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi politik berhubungan positif dan signifikan dengan partisipasi politik di media sosial (39.1%). Namun, tidak ditemukan perbedaan partisipasi politik di media sosial pada generasi Z berdasarkan nilai-nilai pribadi (p>0.05). Menariknya, berdasarkan hasil uji beda demografi wilayah domisili responden, partisipasi politik di media sosial pada generasi Z lebih terpusat di DKI Jakarta dibanding provinsi-provinsi lain di Pulau Jawa. Penelitian ini juga menganalisis partisipasi politik di media sosial berdasarkan prediktor demografi seperti jenis kelamin, kelas sosial, dan platform media sosial, namun tidak ditemukan perbedaan tingkat partisipasi politik di media sosial ditinjau dari prediktor-prediktor tersebut. Penelitian ini dapat menjadi landasan dalam menyusun kebijakan berbasis efikasi politik untuk mengawasi partisipasi politik di media sosial, khususnya pada generasi Z di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Sabiqotul Husna, S.Psi., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: democracy; Generation Z; social media; personal values
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.231 Media Komunikasi, Media Massa, Media Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Feb 2025 09:43
Last Modified: 11 Feb 2025 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69991

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum