PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL

ISMADI, NIM. 09480015 (2013) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perilaku anak diera globalisasi ini semakin buruk dikarenakan pergaulan yang semakin bebas dan tak terkontrol, sehingga diperlukan pendidikan yang dapat dijadikan wadah bagi pembentukan karakter siswa dan sebagai sarana pendidikan formal yang menitikberatkan pada pendidikan. Sekolah sistem full day school merupakan sekolah yang menerapkan sistem satu hari penuh dimana sekolah ini memulai kegiatan pada pukul 06.30 dan berahir pada pukul 15.30 Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode pengumpulan data, mereduksi data sehingga bisa ditarik sebuah kesimpulan. Dalam penelitian yang pertama peneliti meneliti tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang menerapkan sistem full day school, selanjutnya meneliti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan penanaman karakter bagi siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pendidikan sistem full day school dalam rangka pembentukan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis data, penyajian data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, dan menambah referensi. Hasil penelitian ini menunjukan pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Depok Sleman relatif tinggi dalam pengembangan 18 nilai karakter melalui beberapa kegiatan. Kegiatan belajar mengajar intrakulikuler, ekstrakurikuler, pembiasaan dan keteladaan yang dilakukan oleh guru dalam rangka pembentukan karakter siswa. Dalam kegiatan intrakulikuler, penanaman karakter siswa, dilaksaanakan pada kegiatan belajar mengajar dibangun melalui pembelajaran interaktif, dan diskusi. Dalam kegiatan ekstrakurikuler ditekan pada penanaman18 nilai karakter sebagai kegiatan tambahan dalam proses pendidikan sistem full day school. Dalam kegiatan pembiasaan dan keteladanan kepala madrasah dan dan guru memberikan contoh tentang penanaman karakter bagi siswa untuk dijadikan contoh dan teladan bagi para siswa. Faktor kelebihan diantaranya ialah semangat sumber daya manusia baik dari orang tua siswa maupun guru. Sedangkan kelemahan dalam pelaksanaan pendididikan sistem full day school ialah tenaga guru dan siswa yang terforsir, serta untuk memberikan fasilitas yang maksimal baik fisik maupun non fisik. Kata kunci: pembentukan karakter, sekolah sistem full day school.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Aug 2013 08:37
Last Modified: 27 Jan 2017 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum