PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SHOPPING SHOPEE PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERUBAHAN POLA BELANJA MASYARAKAT DI DESA GELAM JAYA, PASAR KEMIS, KABUPATEN TANGERANG, BANTEN

Ulil Albab Makarim, NIM.: 18107020028 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SHOPPING SHOPEE PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERUBAHAN POLA BELANJA MASYARAKAT DI DESA GELAM JAYA, PASAR KEMIS, KABUPATEN TANGERANG, BANTEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SHOPPING SHOPEE PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERUBAHAN POLA BELANJA MASYARAKAT DI DESA GELAM JAYA, PASAR KEMIS, KABUPATEN TANGERANG, BANTEN)
18107020028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SHOPPING SHOPEE PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERUBAHAN POLA BELANJA MASYARAKAT DI DESA GELAM JAYA, PASAR KEMIS, KABUPATEN TANGERANG, BANTEN)
18107020028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Situasi dua tahun terakhir Indonesia dilanda pandemi covid-19. Akan tetapi adanya situasi pandemi covid-19 mendorong masyarakat untuk melakukan perubahan dengan menyesuaikan keadaan yang ada. Terlebih adanya aplikasi online shopping salah satunya shopee. Dengan adanya aplikasi online shopping dan ditunjang adanya kondisi pandemi covid-19 semakin mendorong masyarakat untuk melakukan perubahan khususnya dalam hal berbelanja. Karena berbelanja merupakan salah satu aktifitas pokok dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi online shopping shopee di masa pandemi covid-19 terhadap perubahan pola belanja yang terjadi pada masyarakat desa Gelam Jaya, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten. Teori yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisa penelitian ini adalah teori perubahan sosial yang dikemukakan oleh William F. Ogburn. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif survei. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner disebarkan menggunakan aplikasi pesan Whatsapp dalam bentuk google form. Metode analisis yang digunakan yaitu uji regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa: hipotesis yang menyatakan bahwa penggunaan aplikasi online shopping shopee memiliki pengaruh pada perubahan pola belanja masyarakat di Desa Gelam Jaya diperoleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) yang artinya hipotesis tersebut diterima dan memiliki pengaruh sebesar 60,1% pengaruh sangat besar ini dipengaruhi antara lain: harga barang-barang di aplikasi shopee lebih terjangkau dibandingkan aplikasi online shopping lainnya, aplikasi shopee memberikan kepuasan kepada para penggunanya dan masyarakat sebagai pengguna merasa tidak kesulitan ketika berbelanja dengan aplikasi shopee. Pada hipotesis variabel pandemi covid-19 memiliki pengaruh pada perubahan pola belanja masyarakat memperoleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) yang artinya hipotesis dapat diterima dan memiliki pengaruh sebesar 55,5% pengaruh cukup besar ini dipengaruhi antara lain: karena adanya pembatasan berinteraksi dengan orang lain dan karena adanya pandemi covid-19 kesempatan aplikasi online shopping memberikan promo sekaligus mendukung kebijakan pemerintah terkait pandemi covid-19. Hipotesis penggunaan aplikasi online shopping shopee dan pandemi covid-19 memiliki pengaruh pada perubahan pola belanja masyarakat di Desa Gelam Jaya memperoleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) yang artinya hipotesis dapat diterima dan memiliki pengaruh sebesar 68,1%. Dan jika diuji secara simultan kedua variabel yaitu penggunaan aplikasi online shopping shopee dan pandemi covid-19 memiliki pengaruh pada perubahan pola belanja masyarakat di Desa Gelam Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos, M.A.
Uncontrolled Keywords: belanja online; aplikasi online shopping; Shopee; pandemi covid-19
Subjects: Media Sosial
Sosial, Perubahan
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Oct 2022 09:59
Last Modified: 21 Oct 2022 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum