PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-ISTIMA’ DAN AL-KALAM BERBASIS MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM MAHASISWA PBA UIN SULTAN THAHA SYAIFUDDIN JAMBI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Adelia Dwi Karenina, NIM.: 20204021028 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-ISTIMA’ DAN AL-KALAM BERBASIS MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM MAHASISWA PBA UIN SULTAN THAHA SYAIFUDDIN JAMBI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-ISTIMA’ DAN AL-KALAM BERBASIS MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM MAHASISWA PBA UIN SULTAN THAHA SYAIFUDDIN JAMBI TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
20204021028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-ISTIMA’ DAN AL-KALAM BERBASIS MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM MAHASISWA PBA UIN SULTAN THAHA SYAIFUDDIN JAMBI TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
20204021028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kurang tersedianya media pembelajaran pada mata kuliah Mahārah Al-Istimā‟ dan mahārah al-kalām yang memunculkan berbagai problematika lainnya dalam proses pembelajaran. Sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendesain media pembelajaran untuk mahārah al-istimā‟ dan mahārah al-kalām berbasis media sosial menggunakan aplikasi Instagram dan 2) mengetahui hasil serta implementasi media pembelajaran tersebut. Untuk itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan responden sebanyak 40 mahasiswa pada mata kuliah mahārah al-istimā‟ dan mahārah al-kalām di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi. Sementara itu, teknik pengambilan data adalah berupa observasi, wawancara, dan kuesioner untuk mengetahui kelayakan komponen materi, tampilan, dan pengoperasian/penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Instagram yang diajukan ke ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Temuan penelitian ini antara lain: 1) Proses desain dimulai dari penyusunan materi hingga pengunggahan video pada aplikasi Intagram. Kemudian, peneliti menguji kelayakan media pembelajaran dengan meminta saran kepada ahli media mahārah al-istimā‟ didapatkan persentase sebesar 88,3% dengan kategori sangat layak. Begitupun dengan hasil uji ahli materi sebesar 89,2 %. Adapun hasil uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli media mahārah alkalām didapatkan persentase sebesar 95,8 % dengan kategori sangat layak. Demikian juga dengan hasil uji uji ahli materi sebesar 85 % dengan kategori sangat layak. 2) Media pembelajaran berbasis aplikasi Instagram ini diimplementasikan pada mata kuliah mahārah al-istimā‟ dan mahārah al-kalām. Sementara itu, respon mahasiswa terhadap media pembelajaran mahārah alistimā‟ adalah sebesar 80,7 % dengan kategori sangat layak. Rerata dari hasil uji ahli dan uji coba di adalah sebesar 86,7%, artinya media pembelajaran mahārah al-istimā‟ dengan aplikasi Instagram ini sangat layak. Hasil yang sama terjadi pada media pembelajaran mahārah al-kalām dengan persentase sebesar 85,2 %. Rerata dari hasil pengujian didapatkan persentase sebesar 88,7%. Artinya, media pembelajaran mahārah al-kalām berbasis aplikasi Instagram ini juga sangat layak digunakan dalam pembelajaran mahārah al-istimā‟ dan mahārah al-kalām.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah,S.Ag.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Maharah Al-Istima‟, Maharah Al-Kalam, Media Sosial, Aplikasi Instagram
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Media Sosial
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Feb 2023 11:06
Last Modified: 10 Feb 2023 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum