Siti Khomsah Mahmudah, NIM.: 02391475 (2006) PENGARUH BARGA, MEREK, DAN KOMUNIKASI DARI MULUT KE MULUT TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK SHAR-E (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH BARGA, MEREK, DAN KOMUNIKASI DARI MULUT KE MULUT TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK SHAR-E (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Yogyakarta))
02391475_Bab I_BAb V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGARUH BARGA, MEREK, DAN KOMUNIKASI DARI MULUT KE MULUT TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK SHAR-E (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Yogyakarta))
02391475_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial dimana masingmasing individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk yang bernilai bagi pihak lain. Pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan sebuah perusahaan khususnya perbankan. Kegiatan pemasaran akan berhasil apabila strategi pemasaran yang ditetapkan dilaksanakan dengan maksimal. Strategi pemasaran harus memperhatikan bauran pemasaran (marketing mix) yang ditetapkan perusahaan. Pada perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa bauran pemasaran (marketing mix) terdiri dari 7P yaitu price (harga), product (produk), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (f)roses), physical evidence (bukti fisik). Dalam Islam kegiatan pemasaran harus dilaksanakan berdasarkan pada urinsip-prinsip syari'ah Islam diantaranya yaitu keadilan dan kejujuran. Harga merupakah elemen bauran pemasaran yang sangat peµting, karena harga merupakan salah satu faktor yang dijadikan pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian suatu produk. Islam menetapkan bahwa harga suatu produk hams ditetapkan secara adil, yaitu yang tidak merugikan produsen maupun konsumen. Harga harus ditetapkan atas dasar rela sama rela diantara kedua belah pihak. Merek produk yang baik pada dasarnya adalah yang dapat memberi nilai tambah bagi suatu produk, yang dapat memperlancar penjualan, oleh karena itu, banyak perusahaan tidak segan-segan untuk mengeluarkan biaya agar merek produknya menarik, dikenal dan memikat minat konsumen untuk membcli. Merek (brand) yang baik dalam pandangan Islam adalah brand yang mencerminkan karakter-karalcter yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syari'ah Islam atau nilai-nilai spiritual, yaitu brand yang tidak mengandung unsur judi, penipuan, riba, tidak mengandung unsur kczaliman, dan tidak membahayakan pihak sendiri ataupun orang lain. Promosi merupakan salah satu cara untuk memasarkan produk yang dihasilkan perusahaan agar produk tersebut dikenal dan diketahui konsumen yang kemudian konsumen akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya yaitu melalui komunikasi dari mulut ke mulut. Promosi suatu barang ataupun jasa dalam Islam harus dilaksanakan apa adanya tanpa harus menyembunyikan cacat atau kekurangan dari barang atau jasa tersebut. Pemasar dalam melakukan promosi harus mampu menyampaikan keunggulan-keunggulan produknya dengan jujur dan tidak harus berbohong menipu pelanggan. Al-Qur'an menyebutnya dengan istilah qaulan sadidan (pembicaraan yang benar dan berbobot). Dalam penelitian ini pennasalahan yang akan dipecahkan adalah bagaimana Pengaruh Harga, Merek dan Komunikasi Dari Mulut Ke Mulut Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Shar-E (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Yogyakarta). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa harga, merek dan komunikasi dari mulut ke mulut secara parsial dan simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan produk Shar-E, ini ditunjukkan dengan t hitung rnasing-masing variabel untuk variabel harga dengan t hitung 4,913, variabel merek dengan t hitung 4,424, variabel kornunikasi dari mulut ke rnulut dengan t hitung 3,326 dan t taool untuk ketiga variabel 1,6594. t hitung ketiga variabel lebih besar dari t table. Sedangkan secara simultan ditunjukkan dengan F hitung dengan taraf signifikansi F hitung sebesar 0,000 > F table (45,984 > 2,6903 ). Adapun besamya pengaruh harga, merek, dan kornunikasi dari mulut ke rnulut terhadap keputusan penggunaan produk Shar-E secara bersarna-sarna dapat dilihat dari R square sebesar 0,565. Ini berarti bahwa 56,5 % keputusan penggunaan produk Shar-E dipengaruhi oleh variabel harga, merek, dan komunikasi dari mulut ke mulut. Sedangkan 43,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dirnasukkan dalarn penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Sunarsih, SE., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | pemasaran; harga; bauran promosi; perilaku konsumen |
Subjects: | 600 Sains Terapan > 650 Business/Bisnis > 658.802 Komunikasi - Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 11:11 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 11:11 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70377 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |