Mirza Asrian Priasmoro, NIM.: 22206052002 (2025) KAJIAN ATAS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI DAN REKOMENDASI PENGGUNAAN APLIKASI PESAN INSTAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KAJIAN ATAS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI DAN REKOMENDASI PENGGUNAAN APLIKASI PESAN INSTAN)
22206052002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (KAJIAN ATAS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI DAN REKOMENDASI PENGGUNAAN APLIKASI PESAN INSTAN)
22206052002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi digital secara signifikan mengubah pola komunikasi manusia, di mana aplikasi pesan instan (Pesan instan) seperti WhatsApp, Telegram, dan LINE menjadi dominan karena kemudahan akses, biaya rendah, dan berbagai fitur komunikasi canggih. Namun, terdapat variasi signifikan dalam frekuensi penggunaan, aplikasi tersebut, dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti Refferent Network Size (RNS), fitur pada aplikasi yang dirasakan saling melengkapi (Persepsi Keselarasan), dan intensitas penggunaan media sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor apa saja yang memengaruhi frekuensi penggunaan aplikasi pesan instan serta rekomendasi penggunaan aplikasi pesan instan berdasarkan preferensi, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner online yang disebar melalui Google Form. Responden sebanyak 1.295 orang dipilih secara acak (random sampling) dari berbagai latar belakang. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) melalui software SmartPLS 4, dengan variabel utama Referent Network Size (RNS), Perceived Complementarity (PC), Intensitas Sosial Media (ISM), Frekuensi Penggunaan Pesan Instan (FREQ), dan Net Promoter Score (NPS®), Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ukuran Jaringan Referensi (RNS), Persepsi Keselarasan (PC), dan Intensitas Sosial Media (ISM) berpengaruh positif terhadap Frekuensi Penggunaan Aplikasi Pesan instan (FREQ). Selanjutnya, variable FREQ (Frekuensi Penggunaan Aplikasi Pesan Instan) juga memiliki dampak positif terhadap Net Promoter Score (NPS®), yang mencerminkan tingkat rekomendasi pengguna terhadap aplikasi tersebut. Faktor dominan dalam meningkatkan intensitas media sosial adalah frekuensi penggunaan media sosial dibandingkan dengan durasi dan jumlah media sosial yang digunakan, Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor seperti jaringan referensi (Refferent Network Size), fitur yang dianggap saling melengkapi (Perceived Compelementarity), dan intensitas media sosial (ISM) merupakan elemen penting yang meningkatkan frekuensi penggunaan aplikasi pesan instan. Hasil ini menjadi acuan strategis bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan keterlibatan pengguna melalui pengembangan fitur yang lebih personal dan relevan, sekaligus mendukung strategi peningkatan loyalitas pengguna melalui rekomendasi aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan perilaku pengguna.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom. |
| Uncontrolled Keywords: | SEM-PLS; factor analysis; frekuensi penggunaan; media sosial. |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.231 Media Komunikasi, Media Massa, Media Sosial |
| Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Informatika (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 10:03 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 10:03 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72149 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
